Wednesday, November 22, 2006

Gara-gara Bush......

Senin 20 November lalu, kalimat 'gara-gara Bush', banyak berseliweran di kupingku. Aku sendiri ngerasain dampaknya.

Gara-gara Opa Bush itu, aku yang baru pulang dari Jawa Timur Minggu malam, harus berangkat ke kantor lebih pagi. Emang sih nggak ada pemberitahuan. Cuma, nggak enak hati aja. Feelingku, berita pasti bejibun. Jadi harus datang lebih pagi, kasihan teman-teman yang lain.

Dari rumah sih aku sudah pagi, sempat mampir ke rumah eyang dan nyiapin bekal nasi dan ayam goreng buat diantar ke sekolah Syifa sebelum dia istirahat pukul 09.00 WIB.

Pukul 08.20 WIB, motor meninggalkan rumah eyang. Niatnya sih mampir ke sekolah Syifa dulu, nitipin bekalnya sama para guru piket. Eh ternyata kita keasyikan ngobrol sampe lupa mampir ke sekolah Syifa.

Sampe depan Cibubur Junction aku masih sempat beli es susu kacang, glek-glek... segerrrrrr. Susunya kuminum di angkot 121 yang langsung melaju kencang di tol Jagorawi menuju Kampung Rambutan. Pas es susunya sudah habis, aku bingung mau buang plastiknya di mana. Akhirnya kusimpan saja di tas.

Begitu liat isi tas, waksssssssss ... gubrakssssss, bekal Syifa. Ya ampun langsung kebayang tuh anak nggak makan apa-apa di sekolah. Aku buru-buru cari HP mau telp ayah yang mungkin aja masih dekat-dekat sekolah Syifa. Dasar nasib, begitu liat HP, baterainya habis. Huks.. huks .. huks... gimana nih, panik dotcom.

Sampe di terminal Kampung Rambutan aku lirik-lirik orang yang pakai jam. Jam-nya nggak pada sama, ada yang pukul 08.40 WIB, ada yang pukul 08.45 WIB. Aku langsung lari ke wartel, telp ayah. Duh nggak diangkat-angkat, pasti deh dikiranya dari rekanan jadi nggak diangkat, secara nomornya asing begitu.

Makin panik, sementara Syifa nggak bisa nggak harus makan nasi pas istirahat, karena dia belum sarapan dan aku nggak mau dia sakit lagi.

Akhirnya nggak ada jalan lain, aku harus ke sekolahan Syifa. Waduh, mana jalan tol kulihat macet tadi. Trus aku takutnya angkot ngetem dulu. Akhirnya kuputuskan naik angkot sampai jalan baru sambil nyegat taksi. Aku nggak liat ada taksi ngetem di jalan baru, soalnya ada Pak Polisi. Akhirnya aku naik angkot 121 lagi yang kebetulan dilarang ngetem.

Untungnya sopir angkot cekatan, siap ngebut, cuma geregetan aja sama penumpang-penumpang yang mau naik di jalan sebelum masuk tol yang lelet-lelet kayak keong. Semuanya di mataku jadi kaum lambreto. Sampe ada Mbak-mbak yang kudamprat, padahal dia nggak tau apa-apa. Habisnya dia mau naik angkot masih tengok kiri kanan, trus naiknya lamaaaaaaa banget. "Aduh Mbak, bia cepet nggak sih naeknya, biar cepet ni angkot jalannya!" hardikku. Si Mbak, kayaknya syok gitu.

Akhirnya angkot masuk ke jalan tol, wussssssssssssssss, sekitar 10 menit angkot sampai di depan Mc D, Jambore. Pukul 09.05 WIB. Tinggal 15 menit lagi waktu istirahat Syifa habis. Duh aku nggak liat tukang ojek yang biasanya mangkal di situ. Ini pasti gara-gara Bush. Gerombolan pengojek digantikan sepuluhan polisi, anggota TNi dan intel-intel.

Setelah aku tengok kiri kanan, akhirnya aku nemu gerombolan tukang ojek yang 'disembunyiin' di balik tugu Tunas Kelapa. "Ojek Pak.... ojek!" kataku teriak-teriak dari depan pom bensin.

Teketekketek.... satu motor ojek nyamperin aku. Duh, ojeknya bapak-bapak dah tuakk banget. Setua mbahnya Syifa. Aku udah under estimate banget. Akhirnya aku bilang sama dia. "Pak saya lagi buru-buru banget. Tolong anterin saya ke Jalan Putri Tunggal, sekolah At-Taufiq, bapak harus ngebut. Ngebut ya Pak," pintaku.

Si Bapak tanpa tanya ini itu langsung ngegas motornya. Ngebut coyyyyy.... dia juga meliuk-liuk. Duh, sori ya Pak Tua saya sempat meragukan kemampuan bapak.

Begitu sampai sekolah Syifa sekitar pukul 09.10 WIB, lumayan masih ada sisa waktu 10 menit. Pak Tua kupinta nungguin aku, biar aku nggak susah cari ojek lagi.

Aku agak susah mencari Syifa di halaman sekolah. Secara semua pake jilbab, jadi musti ngeh banget. Ternyata di lapangand dia nggak ada.

Aku langsung ngelongok ke jendela kelasnya yang kebetulan menghadap halaman. Aku juga susah menemukan dia diantara gerombolan anak-anak berjilbab di ruangan kelasnya. Akhirnya kutanya aja sama anak laki-laki yang duduk delat jendela.

"Dek.. adek.... lihat Syifa nggak?" tanyaku dengan nafas ngos-ngosan dan keringat ngucur di badan. Nggak ada jawaban, mukanya malah bengong begitu.

Eh pas aku ulangi lagi pertanyaan yang sama, dari gerombolan anak-anak perempuan itu ada yang berbalik dan menuju jendela sambil senyum-senyum. Alhamdullilah, ketemu juga.

"Mbak ke luar ya, ini Bunda bawain bekal, nasi sama ayam goreng," kataku.
"Ah, aku nggak mau makan!" jawab Syifa. Ya... Ampunnnn huks huks huks.
"Begini Mbak Syifa ke luar aja dulu temuin Bunda, Bunda mau cerita," pintaku lagi. Akhirnya Syifa mau juga keluar.
"Mbak makan ya bekalnya. Plis... Ini Bunda udah bela-belain," rayuku.
"Belain apaan sih Bun," katanya cuek.
"Ini Mbak, Bunda kelupaan, bekal Mbak Syifa kebawa di tas Bunda. Bunda udah mau dekat kantor. Udah sampai Kampung Rambutan, jadi dimakan ya," kataku dengan muka disedih-sedihin. Biar dia terharu.
"Tapi aku nggak mau makan Bun. Eh Kampung Rambutan itu apa sih," tanyanya.
"Kampung Rambutan itu terminal, begini ya, jaraknya itu jauh banget dari sini, lewatin jalan tol. Deket kantor Bunda," kataku sok mendramatisir. Padahal masih jauh juga dari kantor.
"Trus..," tanya Syifa.
"Iya, ini Bunda akhirnya balik lagi, padahal jaraknya jauh banget. Nah sekarang Mbak lihat deh tukang ojek itu (aku sambil tunjuk-tunjuk gitu). Bapak itu sengaja disuruh nunggu sama Bunda, biar Bunda cepet sampai sini," ceritaku.
"Ya udah, nggg... nggg (gelagat minta jajan)," katanya senyam senyum.
"Mbak Syifa mau apa?" tanyaku.
"Mau beli Bun," katanya.

Akhirnya di warung Pak Haji, Syifa milih sukro yang harganya gopek. Buat lauk pake nasi juga, kata dia.

Lega... akhirnya aku ajak Pak Tua balik lagi ke Cibubur. Untung di depan POKKI ada deretan taksi Putra. Wuss.. wuss.. wuss, akhirnya jam 09.50 menit, aku sampai di kantor.

Duh, gara-gara Bush nih. Pas aku lihat indeks berita, ternyata penderitaan banyak orang gara-gara si Bush bukan main banyaknya. Ada yang nggak bisa jualan, ada yang kayak dipenjara di rumahnya, pokoknya banyak deh.

Ternyata Bush, lo banyak bikin sengsara orang! Huh!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home