Monday, November 13, 2006

Tipe yang Mana Buah Hati Anda? (2)

Ini lanjutan artikel yang ada di Tabloid Nova edisi 13-19 November

*****
Ketiga, tipe Interpersonal. Anak-anak dengan tipe ini biasanya ingin dihargai dan dipercaya. Katanya, mereka sangat perseptif dan menuntut kejujuran dari suatu komunikasi. Mereka bersifat pendamai. Mereka akan sangat khawatir jika ada keributan di dalam keluarga. Mereka tidak nyaman dalam keluarga yang tidak harmonis. Mereka biasanya pemalu dan menyukai hubungan yang aman. Mereka tidak mudah menyesuaikan diri.

Cara menghadapinya, anak-anak dengan kategori ini memberi respons yang baik terhadap komunikasi yang penuh persahabatan dan tanpa ancaman. Mereka pendengar dan pengamat yang baik. Karena itu, pemberian contoh yang baik adalah kuncinya. Anak-anak dengan tipe ini lebih senang dengan pembagian tugas berdasarkan tingkatan agar mereka dengan mudah memperhatikan tingkat keberhasilannya.

Jika masalah yang sulit diberikan terlebih dahulu, anak-anak ini akan kewalahan dan tidak mau menyelesaikannya. Mereka akan sangat bangga jika dihargai ortunya.

Setelah dianalisa, eng ... ing... eng....
saya pikir kok Syifa masuk tipe ini juga ya. Anak ini paling kesel kalo dihadapi dengan hal-hal yang sulit. Langsung down. Dan diam-diam suka memperhatikan sekitar. Pernah suatu kali dia tanya gini.

"Kok Bunda sama ayah setiap hari bertengkar sih?" katanya enteng. Hah! Malu juga dibilang begitu. Padahal aslinya nggak berantem, hanya aja kita suka kasih argumen sambil nyolot heheheh (ini mah Bunda, Ayah kan orangnya nyante).

"Nggak kok Mbak, itu bukan berantem. Bunda sama Ayah hanya beda pendapat, trus kita mempertahankan pendapat masing-masing. Itu mah nggak apa-apa, biasa aja bukan berantem," kata Bunda.


*****
Keempat, Tipe Afektif. Anak-anak yang termasuk dalam kategori ini biasanya sangat kreatif dan artistik. Jika dewasa mereka sering disebut pemimpi atau pengkhayal. Mereka belajar segala sesuatu dari praktik dan sebelum mengambil keputusan, mereka harus benar-benar mengerti masalah.

Mereka mudah hidup di dunia yang penuh ide dan tertarik pada segala sesuatu yang kreatif, and bla... bla.. blaa...

Cara menghadapinya, anak-anak dengan kategori ini memberikan respons afektif, percakapan, dan perhatian yang sifatnya pribadi. Beri kesempatan pada mereka untuk kreatif dan dukung mereka ikut dalam kelompok drama, dan kegiatan lainnya.

Wah, setelah dianalisa hehehe, tipe ini cucok banget untuk Sarah. Sarah anaknya kreatif, selalu nggak bisa diem. Suka banget gambar orang, orang sedang dansa, orang sedang pegang balon (ini gambar favoritnya), dll.

Sarah juga senang menempel segala sesuatu di dinding. Dinding kamar penuh dengan tempelan dan coretan Sarah dan Syifa. Kadang-kadang idenya nyeleneh tapi unik. Misalnya, kardus sepatu yang satu sisinya dikasih lem semua, trus ditempel di tembok. Idenya orisinil. Di sekolah dia juga lebih seneng main dengan balok-balok lego. Saya pernah ngintip, dia lagi asyik main sama seember lego di sekolah. Di rumah, lego beberapa buah pun bisa dibikin sesuatu sama dia. Bravo Sarah!

Tapi, Syifa dan Sarah kan masih kecil ya, siapa tahu aja tipenya berubah. Ya, apapun tipenya asal segala sesuatunya positif, nggak masalah. Iya kan Yah? Ayah.... halllow Ayah!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home